Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Kegiatan Pengabdian Dosen dan Mahasiswa " Pendampingan Pembukuan Dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan " (April 2021)

Pengabdian

Kegiatan Pengabdian Dosen dan Mahasiswa " Pendampingan Pembukuan Dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan " (April 2021)

Di kota Palembang sangat banyak terdapat UMKM yang terus bertahan dalam era pandemi covid 19. Walaupun telah terbukti dalam berbagai krisis ekonomi yang pernah terjadi bahwa UMKM tetap mampu bertahan tetapi peningkatan kualitas pengelolaan manajemen internal tetap harus terus menerus dilakukan agar UMKM dapat efisien dan terus berkembang. Tim Pengabdian UKMC yang terdiri dari Weny Putri, S.E.,M.Si., M. Rinamurti, S.E., M.Si., Kusmawati.,S.E.,M.Si.,Ak.,CA., Khairunnisa, S.E., M.Si., Dr. Candra Astra T.,M.M, Yohanes Irwanda, dan Yosefh Sendi Situmorang. melakukan survei pada mitra UMKM yaitu toko online Fresh Meat Palembang di Jalan Sultan M. Mansyur, No. 1174, Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, dan mendapati fenomena bahwa mitra UMKM tersebut membutuhkan pelatihan untuk dapat membuat laporan keuangan sesuai prinsip-prinsip akuntansi.  Dengan adanya pelatihan pencatatan akuntansi atau laporan keuangan, diharapkan dapat memudahkan mitra untuk mengajukan kredit untuk perluasan usaha, memisahkan pencatatan pribadi/rumah tangga dengan pencatatan usaha, menyusun dan menyesuaikan anggaran karena terdapat laporan yang menggambarkan posisi keuangan pada periode tertentu.

Pelatihan dan pendampingan secara langsung dalam membuat laporan keuangan dilakukan selama bulan maret sampai dengan April 2021. Tahap pertama, pendampingan dilakukan dengan membekali mitra tentang pengetahuan dasar-dasar pembukuan dan pembuatan laporan keuangan, memberikan instruksi mengenai cara membuat laporan keuangan yang baik untuk kegiatan operasional, investasi, pendanaan dan pembiayaan, serta untuk mencatat saldo kas yang dimiliki. Tahap kedua, adalah pendampingan pembuatan laporan keuangan usaha Fresh Meat. Pada tahap ini pun mitra menjalani keseluruhan proses pelatihan dengan antusias dan tekun.

Tim Pengabdian UKMC juga melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas atau keberhasilan program pelatihan dan pendampingan. Hasil Pre Test dan Post Test menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan wawasan mitra yang merupakan pengusaha UMKM Kota Palembang yang sebelumnya kesulitan untuk melakukan pencatatan transaksi, faktur dan pelaporan keuangan. Setelah proses pendampingan selesai, mitra dapat melanjutkan proses pembukuan dengan mandiri. Selanjutnya Tim Pengabdian UKMC akan terus berkomunikasi dan melihat apakah masih didapati masalah dalam pembuatan/penyusunan laporan keuangan serta masalah-masalah baru yang muncul untuk diberikan pendampingan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi mitra.

Download Template Joomla 3.0 free theme.