Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Perpustakaan

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Akuntansi pada awalnya merupakan penggabungan dari perpustakaan Sekolah Tinggi Tehnik Musi (Fakultas Sains dan Teknologi) yang berdiri tahun 1992 dan Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi (Fakultas Bisnis dan Akuntansi) yang berdiri tahun 1995. Sebelumnya masing-masing perpustakaan tersebut dikelola secara terpisah oleh kedua Sekolah Tinggi. Namun seiring dengan perkembangan Sekolah Tinggi maka pada tahun 1998 perpustakaan dikelola secara terpadu. Sebagai dasar pertimbangannya adalah :

  1. Untuk tetap konsisten terhadap cita-cita membentuk sebuah Universitas, maka perpustakaan dikelola sebagai perpustakaan pusat (Universitas).
  2. Untuk efisiensi dan efektivitas pengelolaan, baik tenaga, waktu, biaya, dan pemanfaatan perpustakaan.

Setelah dikelola secara terpadu maka lokasi perpustakaan dipindahkan dari gedung lama ke gedung baru yaitu Lt.2 gedung Yuliana dengan luas ruangan kurang lebih 285m2 yang terdiri dari ruang sirkulasi dengan luas ruangan 171m2 dan ruangan referensi 114m2. Sejak saat itu mulai diterapkan manajemen pengelolaan secara terpadu, baik dalam bidang pelayanan, penglolaan, administrasi, ketenagaan serta anggaran, dan sistem inilah yang dilaksanakan sampai saat ini.

Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Akuntansi dalam perkembangannya senantiasa berupaya untuk sungguh-sungguh bertanggungjawab terhadap peranannya sebagai sarana penunjang proses belajar-mengajar di Fakultas Bisnis dan Akuntansi.

Walaupun tidak mudah dalam pelaksanaannya namun upaya untuk perbaikan kualitas tak henti-hentinya dilakukan. Berbagai macam kendala atau masalah sering mengakibatkan tertundanya bahkan terhentinya program kerja atau kegiatan yang sedang berjalan. Bahkan sering kali mempengaruhi motivasi kerja sehingga berakibat pada semakin menurunnya kinerja perpustakaan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern dimana perpustakaan banyak menghadapi tuntutan perubahan, dengan segala keterbatasan dan kelamahan yang ada upaya perubahan dan perbaikan kualitas terus dilakukan. Salah satu kekuatan yang sangat berpengaruh terhadap perubahan atau perkembangan Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Akuntansi adalah JPA (Jaringan Perpustakaan APTIK).

Dengan tergabungnya Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Akuntansi di dalam JPA maka mau tidak mau perpustakaan harus mengikuti gerak langkah yang dilakukan oleh JPA. Adanya program-program pengembangan yang terus menerus dilakukan membuat perpustakaan ikut berkembang. Dihasilkannya produk-produk jaringan menjadi falisitas yang sangat bermanfaat bagi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanannya. Oleh karena itu perubahan atau perkembangan yang telah dicapai oleh perpustakaan saat ini pun tidak terlepas dari pernanan JPA. Mulai tahun 2012 terjadi perubahan pada sistem layanan dari yang konvensional menjadi layanan berbasis teknologi.

Layanan sirkulasi yang semula masih menggunakan kartu saat ini sudah beralih menggunakan aplikasi software sehingga layanan menjadi lebih cepat dan efisien. Untuk mempermudah pengguna dalam pencarian koleksi yang dibutuhkan, perpustakaan menyediakan layanan katalog online "OPAC" (Online Public Access Catalog) yaitu sarana penelusuran untuk mencari koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan.

Melalui OPAC pengguna bisa mencari informasi tentang buku, skirpsi, dan artikel sesuai dengan kebutuhan. Untuk menambah kelengkapan koleksi, perpustakaan menyediakan layanan e-book, e-journal, dan e-map. Keterbatasan koleksi juga dapat diatasi dengan adanya produk JPA yaitu ADL (APTIK Digital Library). Melalui ADL pengguna perpustakaan dapat mengakses langsung untuk mencari koleksi atau informasi yang dibutuhkan dari 16 perpustakaan anggota JPA.

Perpustakaan harus bergrak dari yang konvensional menuju perpustakaan modern. Untuk membawa perpustakaan pada suatu kemajuan sangat dibutuhkan kualitas SDM yang handal. Perpustakaan membutuhkan tengara-tenaga yang mempunyai kualifikasi tidak hanya dari ilmu perpustakaan saja tetapi juga dari disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan untuk pengeloalaan perpustakaan modern.

 

IMG 3122

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BANGAU | Fakultas Bisnis dan Akuntansi Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jalan Bangau No. 60 Palembang Sumatera Selatan 30113

  • Hot line : 0711 - 321801