Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Pelatihan Perencanaan Keuangan Bertanjuk Indahnya Masa Pensiun (Kegiatan PkM 13 Februari 2020)

 2 1

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Bisnis dan Akuntansi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yaitu Anastasia Sri Mendari, S.E., M.M.Suramaya Suci Kewal, S.E., M.Si.Yohanes Andri Putranto B,S.E.,M.Sc,Ak., CAHeriyanto, S.E., M.Sc.Agustinus Widyartono, S.E., M.Si., dan Valencia Sherly Permata (Nim: 1722053) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Perencanaan Keuangan : Indahnya Masa Pensiun pada tanggal 13 Februari 2020 di Aula Paroki Hati Kudus Palembang.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan berkat kerja sama dengan Komisi Keluarga Dekanat 1 Keuskupan Agung Palembang yang telah mempercayakan pemberian materi ini pada Tim dosen-dosen Fakultas Bisnis dan Akuntansi Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Adapun Metode pemberian materi berupa ceramah, video, simulasi dan latihan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah mereka yang merencanakan dalam waktu dekat untuk melaksanakan pernikahan secara Katolik. Jumlah peserta 65 orang, diikuti oleh 49 % laki-laki dan 51 % perempuan, sebagian besar peserta berpendidikan S1 ( 66 %), dengan usia berkisar 23-27 tahun( 74 %), dengan tingkat penghasilan berkisar 2-4 juta ( 45 %).

Pemberian materi mengenai “Pelatihan Perencanaan Keuangan : Indahnya Masa Pensiun sangat dibutuhkan bagi peserta pelatihan ini, agar peserta lebih bijak didalam merencanakan masa pensiun, yang seringkali terlupakan karena merasa masih berusia muda. Bagi mereka yang masih muda sepertinya pensiun itu adalahtujuan keuangan yang masih sangat jauh dan tidak perlu direncanakan saat ini, padahal perencanaan pensiun sesungguhnya menyangkut kebutuhan setiap orang dan harus dilakukan seawal mungkin, sehingga pada masa pensiun memiliki kemerdekaan secara finansial (Soekarno&Damayanti ,2011:35). Pemberian materi dibagi menjadi sua sesi. Sesi pertama memaparkan tentang dasar-dasar perencanaan keuangan yang mencakup Manajemen Arus Kas, perencanaan investasi, asuransi, hutang, pensiun .Sesi kedua dilanjutkan dengan simulasi menyusun laporan arus kas masing-masing peserta untuk dicheck (diperiksa) apakah pengelolaan keuangan mereka selama ini sudah dilakukan dengan baik. Selain simulasi menyusun laporan arus kas , juga diberikan simulasi tentang dana yang disisihkan untuk pensiun. 

Download Template Joomla 3.0 free theme.